DESTINASI WISATA TERBAIK 34 PROVINSI SE INDONESIA (BAGIAN 4)

DESTINASI WISATA TERBAIK 34 PROVINSI SE INDONESIA (BAGIAN 4)



Pulau Lengkuas, Ilustrasi Destinasi Wisata Terbaik Se Indonesia bagian 4.  Sumber: eloratour   


AIR TERJUN CURUP MAUNG, PROVINSI SUMATERA SELATAN

    Air Terjun Curup Maung, Destinasi Wisata di Sumatera Selatan.  Sumber: wisatania

Air terjun Curup Maung memiliki ketinggian sekitar 80 meter dengan lebar yang hampir sama dengan tingginya.  Air Terjun Maung atau juga disebut “Curup Maung” ini terletak di Desa Rinduhati, Kecamatan Gumay Ulu., Kabupaten Lahat, Provinsi Sumatera Selatan.   Berjarak sekitar 220 Km dari kota Palembang.

Air Terjun Curup Maung sejak ditemukan oleh warga pada awal tahun 2014, menjadi buah bibir di kalangan pecinta alam dan wisatawan, bahkan sempat menjadi trending topic dibeberapa situs destinasi wisata nasional.


CURUG SEMBILAN, PROVINSI BENGKULU


    Air Terjun Curug Sembilan, Destinasi Wisata di Provinsi Bengkulu.  Sumber : infopublik

Curug sembilan atau yang juga disebut dengan Air Terjun sembilan tingkat terletak di Desa Tanah Hitam Kecamatan Padang Jaya, Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu.   Sayangnya untuk mencapai Curug Sembilan, masih harus melintasi Hutan Lindung Boven Lais dengan kendaraan khusus. Dari desa, pengunjung harus melintasi jalan berlumpur tanah merah yang tidak mungkin bisa dilintasi oleh kendaraan biasa. Bahkan mobil sejenis jeep saja terkadang sulit melintas, apalagi kalau sehabis hujan. 

Tapi perjuangan berat mencapai lokasi akan terbayar setimpal.  Pemandangan alam dan terjunan yang bisa dinikmati di Curug Sembilan sebanding dengan perjuangan itu.  Air Terjun Curug Sembilan menyajikan satu pemandangan yang sangat menakjubkan. Air terjun yang jatuh sebanyak sembilan tingkat, mengalir deras ke bawah di sela-sela pepohonan hijau yang rindang, menyatu dengan aliran sungai di bawahnya.  Karena kondisinya masih sangat alami, maka di Curug Sembilan juga masih sering dijumpai aneka binatang liar. 


PULAU LENGKUAS, PROVINSI BANGKA BELITUNG

 
     Pulau Lengkuas, Destinasi Wisata di Provinsi Bangka Belitung.  Sumber: masdonie

Pulau Lengkuas adalah salah satu primadona pariwisata di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Pulau ini merupakan satu dari ratusan pulau yang mengelilingi Pulau Belitung. Daya tarik utama di pulau ini adalah sebuah mercusuar tua yang dibangun oleh pemerintah Kolonial Belanda pada tahun 1882.

Pulau Lengkuas dapat dicapai dengan menyewa perahu nelayan dari beberapa tempat, yaitu Tanjung Kelayang, Tanjung Binga, atau Tanjung Tinggi.  Waktu tempuh berperahu dari Tanjung Kelayang ke Pulau Lengkuas memakan waktu sekira 20 menit. Sementara itu, dibutuhkan waktu sekira 30-45 menit apabila menumpang perahu dari Tanjung Binga atau Tanjung Tinggi.

Pulau Lengkuas dengan luas 1 ha ini mampu menyuguhkan panorama laut yang memikat. Anda hanya cukup menaiki mercusuar setinggi 50 meter yang menjadi ciri khas nya itu dan langsung bisa menikmati pemandangan spektakuler di Pulau Lengkuas.  Pesona yang memikat ada pada hamparan laut biru dan jernih dengan bebatuan granit yang sangat mempesona. 

Selain menikmati pemandangan pantai yang indah, di Pulau Lengkuas, biasanya pengunjung tidak akan melewatkan kesempatan menikmati pemandangan bawah laut dengan snorkeling atau diving. Di depan perairan Pulau Lengkuas, terdapat spot-spot diving yang bagus, dan terdapat pula wreck indomarine. Penjaga mercusuar juga memelihara Penyu hijau.  


DANAU KERINCI, PROVINSI JAMBI


    Danau Kerinci, Destinasi Wisata di Provinsi Jambi. Sumber: galeriwisata


Danau Kerinci terbentuk setelah letusan gunung Kerinci, diduga terbentuk sejak 2000 tahun yang lalu. Danau Kerinci merupakan danau terbesar kedua di Pulau Sumatera.  Danau Kerinci mempunyai kedalaman sekitar 110 meter dan terbentang seluas 4.200 hektar. danau ini menawarkan keindahan yang sangat menawan.

Danau Kerinci berada di dua kecamatan yakni kecamatan danau Kerinci dan kecamatan Keliling Danau, di gunung Raja,salah satu gunung vulkanik yang ada di jambi. 

Banyak wisatawan yang datang untuk berkemah, berenang,atau memancing di Danau Kerinci.  Selain itu wisatawan yang datang bisa mencicipi makanan khas di tengah danau, sebab banyak restoran yang menawarkan menu khas di restoran sekitar danau atau di tengah danau.  Makanan khas Jambi yang perlu Anda coba antara lain:  beras payi, dendeng beteko, jeruk pelompek, lemang, gulai ikan semah, dan tak ketinggalan adalah kopi Kerinci yang sudah cukup terkenal.


BUKIT BINTAN, PROVINSI KEPULAUAN RIAU

    Bukit Bintan, Destinasi Wisata di Provinsi Kepulauan Riau.  Sumber: eloratour

Bukit Bintan, atau masyarakat setempat lebih sering menyebutnya Gunung Bintan, menawarkan wisata hiking.  Dengan mendaki puncaknya, kita akan bisa menyaksikan keindahan Bulau Bintan yang sangat luas dari atas.

Dibutuhkan waktu hanya sekitar 3 jam untuk mendaki Destinasi Wisata di Kepulauan Riau ini.
Bukit Bintan, sesuai namanya, merupakan pegunungan yang terletak di Teluk Bintan dan terkenal sebagai daerah produksi buah durian terbesar.  Bagi pecinta buah durian, mampir ke Gunung Bintan merupakan tindakan sekali dayung dua tiga pula terlampaui.


SURFING DI OMBAK BONO SUNGAI KAMPAR, PROVINSI RIAU

    Sungai Kampar, Destinasi Wisata di Provinsi Riau.  sumber : eloratour

Sungai Kampar menawarkan sensasi wisata air yang langka di dunia, yakni surfing di ombak bono.  Ombak bono adalah gelombang sungai yang terbentuk akibat siklus pasang-surut air laut.

Kecepatan ombak bono di Sungai Kampar, bisa mencapai 40 km/jam, dengan ketinggian ombak antara 4 - 6 meter dan panjang gelombangnya mencapai 300 meter lebih, membuat peselancar dunia pun berlomba-lomba mencoba menaklukkannya.  Tapi mesti hati-hati dengan keberadaan hewan liar penghuni Sungai Kampar seperti buaya muara dan ular boa dan piton


PULAU PASUMPAHAN, PROVINSI SUMATERA BARAT

 
     Pulau Pasumpahan, Destinasi Wisata Provinsi Sumatera Barat.  Sumber: telusurindonesia


Pulau Pasumpahan adalah sebuah pulau yang berada di pantai barat Kota Padang, persisnya di perairan Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang.  Lokasinya di sebelah barat Pulau Setan Kecil atau 200 meter dari Pulau Sikuai. Pulau Pasumpahan berada di perairan Kecamatan Bungus, sehingga pulau ini dekat jika kita menggunakan speed boat dari Teluk Bungus.

Pulau Pasumpahan luasnya sekitar 5 hektar dan memiliki hamparan pasir putih dengan air laut yang bening. Menariknya yaitu permukaan laut pulau ini seperti terbagi tiga. Warna bening di pinggir, hijau di depannya, dan membiru pada bagian yang lebih ke tengah. Selain panorama pulau Pasumpahan yang memukau, terumbu karang dan berbagai jenis ikan karang atau ikan-ikan hias juga sangat menarik untuk dinikmati.

AIR TERJUN SIGURA-GURA, PROVINSI SUMATERA UTARA


    Air Terjun Sigura-gura, Destinasi Wisata di Provinsi Sumatera Utara.  Sumber: eloratour

Air Terjun Sigura-gura terletak di Kabupaten Toba Samosir, letaknya tak jauh dari Danau Toba, dan konon air terjun ini bersumber dari Danau Toba. Air Terjun Sigura-gura merupakan air terjun tertinggi di Indonesia dengan ketinggian sekitar 250 meter. Tempat ini cukup ramai dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun macanegara.


 PULAU RUBIAH, PROVINSI NAGROE ACEH DARUSSALAM

 
    Pulau Rubiah, Destinasi Wisata Provinsi Nangroe Aceh Darussalam.  Sumber: arraziibrahim


Pulau Rubiah terletak di sebelah Pulau Weh, Sabang.  Nama Pulau konon diambil  dari nama Nyak Rubiah, salah satu keramat dari 44 keramat yang menjaga Kota Sabang. Pulau Rubiah dahulu merupakan asrama untuk jemaah haji yang akan pergi naik haji ke Mekah.

Taman Laut Rubiah memiliki luas sekitar 2.600 ha, dengan kekayaan biota laut yang cantik, seperti ikan kakak tua, atau ikan macan. Setidaknya ada 14 biota laut yang dilindungi di Indonesia terdapat di Pulau Rubiah.  Keindahan bawah laut Pulau Rubiah tidak diragukan lagi, banyak wisatawan yang datang sekedar untuk berenang atau bermain dengan ikan hias.  


Demikian 4 artikel Citra Property Land berjudul DESTINASI WISATA TERBAIK 34 PROVINSI SE INDONESIA (BAGIAN 4).  Semoga bermanfaat.